Sabtu, 08 Maret 2014

Pengrajin Miniatur Rumah Betang

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata ‘Miniatur’ mengandung arti tiruan sesuatu yang kecil; lukisan dan sebagainya (bentuk) tiruan yang berukuran lebih kecil dapat ditiru; lukisan dan sebagainya yang bagus dibentuk kecil.

Sedangkan arti dari ‘Betang’ menurut KBBI adalah rumah panjang khas suku Dayak yang digunakan sebagai tempat pertemuan damai. Jadi jika digabungkan kedua kata tersebut adalah rumah panjang yang dibuat dalam ukuran lebih kecil.

Menurut Marinus karya seni ini dibuat oleh masyarakat adat yang ada di komunitas adat Dayu. “Menariknya bahan-bahan yang dibutuhkan adalah limbah kayu yang dibentuk kembali sehingga menjadi miniatur rumah Betang,” jelasnya.

Mardiana salah satu penggiat AMAN wilayah Barito Timur  menambahkan bahwa dalam 1 set penjualan miniatur ini berkisar 1-3 juta dan dapat dipesan ke pembuatnya langsung yaitu Joni Nainggolan yang ada di komunitas adat Dayu.

“Silahkan hubungi nomor kontaknya di 085247026064, harga di atas tergantung besar kecil dari miniatur yang akan dipesan,” jelas Mardiana. Ini adalah salah satu jalan untuk memperkuat pilar kemandirian komunitas masyarakat adat secara ekonomi, jika ada yang berminat silahkan hubungi nomor kontak di atas.

Sumber foto: dokumen AMAN Wilayah Barito Timur.

AMAN KALTENG

Author & Editor

Berdaulat Mandiri Bermartabat - Exsist & Resist & Indigenize & Decolonize

0 Komentar:

Posting Komentar