Kamis, 13 Maret 2014

Pelatihan GIS

Bertempat di Rumah Aman Kalteng, jalan Taurus I No. 240 Palangka Raya, pelatihan Geographic Information System (GIS) dilaksanakan.  Selama 12 hari (5-18 Maret 2014) pelatihan difasilitasi oleh Eko dan Pram dari SEKALA. Walaupun kurang dari 10 orang kader AMAN yang terlibat, Pebri, Bandi, Abdul Sandy, Irawan, Jerry dan Adi tetap mengikutinya dengan serius.

PT. Serasi Kelola Alam (SEKALA) ini memiliki spesialisasi di bidang tata kelola (goverance), pemetaan partisipatif, perencanaan ruang, sistem informasi geografis (SIG) dan penginderaan jauh di Indonesia (http://www.sekala.net).

Penjajakan awal dilakukan oleh A.G Rinting, deputy umum AMAN Kalteng dan SEKALA menyambut baik sebagai upaya peningkatan kapasitas bagi kader AMAN Kalteng. Dari pukul 8 pagi hingga 5 sore peserta mengikuti penjelasan yang disampaikan oleh fasilitator. Supaya berjalan efektif setiap peserta di wajibkan menggunakan laptop yang mampu menjalankan program pemetaan.

Fasilitator mengajak peserta praktek dengan menggunakan program pemetaan secara khusus dan menggunakan jaringan internet. Sebagai media pembelajaran pemetaan yang telah dilakukan di komunitas Tumbang Bahanei di aplikasikan langsung pada pelatihan ini.

Semoga pelatihan ini bermanfaat dan aplikasinya dapat memperkuat hak-hak masyarakat adat.

Sumber foto: dokumen AMAN Kalteng.

AMAN KALTENG

Author & Editor

Berdaulat Mandiri Bermartabat - Exsist & Resist & Indigenize & Decolonize

0 Komentar:

Posting Komentar